Pokdarwis Kecamatan Silahisabungan - Silalahi Project

Pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata desa dan desa wisata, luar biasa.
Lalu, siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salahsatunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka?
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pembangunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.
Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang mereka miliki.
Maka beberapa hal yang harus dilakukan Pokdarwis adalah :
1.      Mengingkatkan pemahaman mengenai kepariwisataan.
Kepariwisataan memiliki banyak cakupan mulai dari cara melihat potensi wisata di desa,
2.      Mengolah daya dukung yang ada
Mengelolah daya dukung yand ada dan mengembangkannya menjadi sebuah sektor yang bisa mendongkrak pendapatan warga maupun pemasukan daerah. Maka, warga desa yang menjadi anggota Pokdarwis harus terus mengasah dirinya mengenai pemahaman kepariwisataan agar terus berkembang.
Pokdarwis juga harus memacu peran dan pertisipasi masyarakat dalam membangun potensi wisata yang dimiliki desanya sehingga pengetahuan dan keahlian dalam kepariwisataan warga desa terus berkembang. Dengan demikian pariwisata bakal bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan ekonomi warga desa. Secara luas, Pokdarwis bertanggungjawab penuh mengenai bagaimana menciptakan manfaat kepariwisataan bagi warga masyarakay (terutama anggota Pokdarwis sendiri) dan secara keorganisasian terus berupaya mensukseskan pembangunan kepariwisataan di desa.
Struktur Pokdarwis
Struktur Pokdarwis harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi desa. Dipimpin oleh Ketua, didampingi Sekretaris dan Bendahara, Pokdarwis harus memiliki Koordinator-koordinator sesuai potensi desa.
Berikut adalah model stuktur umum yang banyak digunakan oleh Pokdarwis:
  1. Pelindung
  2. Ketua
  3. Sekretaris
  4. Bendahara
  5. Seksi Seni dan Potensi Wilayah
  6. Seksi Pemandu Wisata dan P3K
  7. Seksi Homestay
  8. Seksi Kuliner
  9. Seksi Promosi dan Dokumentasi
  10. Seksi Sarana dan Prasarana
Pokdarwis di sebagian besar desa terbukti memiliki peran signifikan dalam mengembangkan potensi kepariwisataan di desa sekaligus menjadi alat pemberdaya penguasaan kemampuan kepariwisataan desa. Fakta di lapangan, pariwisata adalah jenis usaha yang memiliki kemampuan meningkatkan potensi ekonomi desa dengan lingkup yang sangat luas. Pariwisata membuka banyak peluang kerja, peluang ekonomi dan akhirnya menjadi sebuah pilihan yang menarik mengentaskan kemiskinan di desa-desa yang memiliki potensi mengembangkan wisatanya.

Info lebih lanjut Klik Lanjutkan ...

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.